Lilypie 4th Birthday Ticker

Wednesday, May 03, 2006

Cemilan (2)

Hm, hari ini setelah masak sop jagung+perkedel kentang ayam, tahap selanjutnya adalah.... bikin cemilan! ;) Kali ini adalah... muffin (thx mba ruri, dah share resepnya).
Muffin ini rasanya yummy (klow menurutku sih, persis sama kayak yg dijual di Dunkin' Donuts). Daripada beli satu 6.000 rebu perak, mending bikin ndiri kan? Gak syusah kok. Ini juga salah satu favorit Nikki.

Cheese Muffin

Bahan:

  • 125 gr tepung terigu
  • 115 gr butter unsalted
  • 55 cc air
  • sejumput garam (gak perlu klow butternya pake yg salted)
  • 100 gr telur (timbang gak pake kulit yak)
  • 150 gr gula pasir
  • 4 gr baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk (aku kadang pake ekstrak vanili biar lebih harum)
  • keju cheddar secukupnya

    Cara Membuat:
  • Rebus butter, air, dan garam sampai mendidih
  • Masukkan tepung ke dalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas (dikucurin, jangan dituang sekaligus), lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat.
  • Masukkan vanili
  • Masukkan telur satu persatu
  • Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
  • Keju potong kecil2 bentuk dadu (besarnya terserah deh, banyaknya juga terserah), masukkan ke adonan, aduk rata
  • Sendokkan adonan ke cetakan muffin ampe penuh
  • Taburi atasnya dengan keju dadu lagi, dikit ajah
  • Oven dengan suhu 160° ± 25 menit


Klow mo dimodifikasi, boleh ajah. Terserah deh, anaknya sukanya apa. Keju bisa diganti cokelat chips, kismis, atau mo pake selai (klow selai, bisa ditaruh di atas muffin, atau pas mo dibakar, "disuntikkan" ke dalam adonan yg dah ada di cetakan. Favorit Nikki: blueberry jam!)

Gambar diambil dr Google

29 Comments:

At 10:26 pm, Blogger benova said...

Mba...punya resep cemilan buat anak tp yg dikukus ga hehehe.
Anakku lg susyaaah bgt makannya.hix
Thanks ya dan salam kenal loh.

 
At 4:10 pm, Blogger Fajar Alem Sidik said...

ehm....kayanya enak tuh minta mama bikinin ah..thx ya ma..n salam kenal aku fajar kita saling komunikasi ya...

 
At 8:45 pm, Blogger Adi said...

Oes Tsetnoc one of the ways in which we can learn seo besides Mengembalikan Jati Diri Bangsa. By participating in the Oes Tsetnoc or Mengembalikan Jati Diri Bangsa we can improve our seo skills. To find more information about Oest Tsetnoc please visit my Oes Tsetnoc pages. And to find more information about Mengembalikan Jati Diri Bangsa please visit my Mengembalikan Jati Diri Bangsa pages. Thank you So much.

 
At 2:01 pm, Anonymous aprilia said...

salam kenal aku ibu baru anak aku 19 bulan cowo, makannya susah bgt deh sampe stress sendiri jadinya...thx buat infonya yah sist...btw butter unsald itu bisa kasih contoh merk nya gak ? thanxs ya

 
At 2:24 pm, Anonymous Mr. Taft said...

kalo diitung-itung mahalan bikin sendiri atw beli jadi ya....

 
At 7:57 pm, Anonymous Anak Susah Makan said...

Resepnya bagus, namun disamping menu makanan yang bervariasi, penting juga menciptakan suasanya yang menyenangkan pada saat memberi anak makan.

 
At 1:20 pm, Blogger atiek said...

anakku susah makan makanya kadang aku ganti susu tp bingung juga ya kandungan dlm susu itu yg bagus diliat drmn ya ?

 
At 3:19 pm, Anonymous gita said...

wah.. resepnya sepertinya nikmat..
dan sepertinya sehat nih buat anakku.. he2. :D
dari pada anakku makan diluar.. :D
thx for sharing.. :D

 
At 3:21 pm, Anonymous melizza said...

@ atiek
kandungan susu yang gak bagus gak selalu yang mahal loh..
di cek aja tuh dibagian kotaknya.. mengandung apa aja...
ati2 loh.. soalnya skrg banyak banget pemanis tambahan...

 
At 3:22 pm, Anonymous agnes said...

bener tuh kata melizza..
kemareng lagi googling, dapet info nama2 lain dari gula / pemanis tambahan..
brown sugar
corn sweetener
corn syrup
dextrose
fructose
fruit juice concentrates
glucose
high-fructose corn syrup
honey
invert sugar
lactose
maltose
malt syrup
molasses
raw sugar
sucrose
sugar
syrup

smoga berguna yah..

 
At 3:24 pm, Anonymous cencen said...

wahhhh..
pas banget nih..
makasih loh agnes..
harus di catet nih nama2 gula tambahannya..
biar sekeluarga juga gak terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan deh.. :D

 
At 5:13 pm, Anonymous rennie said...

siip bgt nih resepnya, skrg takut2 klo kasih anak jajan di luar, makanannya banyak mengandung pemanis buatan, takut kedepannya bisa jd penyakit.

 
At 5:17 pm, Anonymous yuanita said...

Mau coba ah bikin jajan sendr, drpd beli di luar trus, ga tau bahan yg dipake apa aja, takutnya mengandung zat gula tambahan. Seperti pilih susu anak, harus hati2, jangan sampe yg banyak gulanya, karna banyak sekali sekarang anak masih kecil2 uda obesitas

 
At 5:19 pm, Anonymous Linda said...

asik..makasih yah resepnya bunda...
setuju kata mba rennie..kalau jajan diluar takutnya bisa jadi penyakit..gak cuma itu..bisa nyebabin obesitas juga yah

 
At 5:21 pm, Anonymous vgmerry said...

Mau donk resep yg lain juga.....biar banyak koleksinya, jd tgl pilih hr ini bikin apa besok apa lg ;p
Abis anak susah makan...maunya susu muluuuuu, sedangkan aku sendr ga tau kebanyakan minum susu bagus apa ga, karna pas aku cicipin kok susunya manis bgt, mau ganti takut anak ga cocok malah mencret, duh....

 
At 5:21 pm, Anonymous Sayang Anak said...

resep ini yang aku cari2 nih. supaya anakku gak jajan sembarangn
dan mengurangi konsumsi susu formulanya..
(mengencangkan ikat pinggang dalam arti sesungguhnya dan arti kiasannya nih ^^)
maksudnya supaya anakku gak kbykn gula gara sufor yg gulanya kdg gak kira2

 
At 5:24 pm, Blogger OneOny said...

selamat sore para bunda (atau mungkin ada ayah jg y0
terima kasih yah buat resepnya..aku mau coba ah.
Anakku sudah mulai suka jajan nih soalnya..huhu..
untungnya sih tidak obesitas..tapi kalau membaca komen2nya para bunda serem yah, mesti mengurangi gula yah

 
At 7:17 pm, Blogger ceuwida said...

haduhh makasi ya bun resepnya....berguna bgt buat nambah2in koleksi resep ku buat masakin anak... supaya ga jajan teruss bunda... thank u

 
At 7:22 pm, Blogger bimbim said...

asikk dapet resep baruu buat anakku.... biar anakku ga jajan teruss,, pusing bgt deh anakku tu suka bgt jajan ...sekarang udah mau aku biasain ga jaan mom.. takut obesitas

 
At 10:47 pm, Blogger Winnie said...

iya yah kalo anak dibiasain jajan diluar gak jelas gitu makanannya terdiri dari bahan2 apa aja. mending bikin sendiri deh... mencegah lebih baik drpd mengobati. kalo udah obesitas kita nyesel sendiri deh!

 
At 10:54 pm, Blogger sandra said...

iya moms, obesitas itu kan dasarnya dari kebanyakan makan, dan kebanyakan makan manis2. gula tambahan di makanan2 yg dijual bebas ga ketauan seberapa banyaknya. kalo ada resep2 baru lg share dong moms... lumayan nih yg ky gini2 ga terlalu manis, gampang dan pasti enak...

 
At 11:37 pm, Blogger lia mauren said...

wah asik ada resep baru lagi..heemm...resep2 kaya gini emang paling coco buat bunda yang krng suka anaknya jajan diluar, selain lebih higienis kita jg tau kandungan giznya yah bun

 
At 11:49 pm, Blogger lia mauren said...

iya nih harus dicoba nih kayanya..aku emang suka masak untuk cemilan anak2, dari pada ngebiarin anak jajan cemilan yang ga jelas diluaran lbh baik kita msk sndr bun..jadi segala takarannyapun juga bisa bunda atur sendiri, oia yang paling penting kalau membuat khan cemilan untuk anak jgn kebanyakan added sugarnya yah bun..

 
At 12:02 am, Blogger susan said...

iya lebih baik repot sebentar ya tp terjamin sehat makanannya dan tdk terdapat added sugarnya

 
At 12:06 am, Blogger arienta said...

ihhh baru tau ya mba agnes bahwa macam macamkandungan gula di dlm makanan ataupun susu formula

 
At 8:48 am, Anonymous bunga said...

thx for sharing resepnya mbak..aku mau coba bikin ah nanti..biar anakku lebih sehat,karena cemilan bikinan sendiri pasti bebas dari added sugar khan..

 
At 8:57 am, Anonymous linda said...

susu formula yang mengandung added sugar bisa membuat anak jadi obesitas..yang membuatnya rentan terhadap penyakit..

 
At 6:31 am, Blogger ~eshu said...

klo cara bikin cookies gmn ya? n bikin snack yg ga pake oven gtu... blm punya euy :D

 
At 1:28 pm, Anonymous cytotec misoprostol said...

infoya penting bu

 

Post a Comment

<< Home