Lilypie 4th Birthday Ticker

Saturday, November 26, 2005

Tuna Saus Tiram

Duuuh, aslinya gak tau mo dikasih nama apa masakan ini. Tp ini masakan aku buat untuk my Nikki. Hasilnya? Dia suka kok. Bisa dimakan pake nasi, enggak juga gak pa-pa.

Bahan:
  • Ikan tuna, potong kecil2 bentuk kotak
  • Brokoli, lepaskan per kuntum
  • wortel, kupas, iris2 sesuai selera (dicetak boleh... biar lucu)
  • lada, garam, gula pasir (dikit ajah)
  • saus tiram
  • bawang putih, geprek

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih dengan mentega unsalted
  • masukkan ikan tuna, aduk hingga berubah warna
  • masukkan wortel & brokoli, aduk
  • masukkan saus tiram, lalu kasih air
  • masukkan lada, garam, gula pasir
  • biarkan sampe sayuran empuk
  • ambil kuah sedikit, campur dengan sedikit tepung maizena
  • masukkan kembali ke sayuran
  • aduk rata (hingga kuah mengental)
  • angkat... hidangkan

Note: Dengan cara yg sama, biasanya ikan tuna aku ganti dengan salmon. Trus, karena ini ikan laut, makanya lumayan ada bumbunya (macem2, tmasuk saus tiram). Ini karena kalo gak pake baunya trasa amis banget. Sedangkan My Nikki klow amis gak mau, atau bahkan bikin dia muntah.

Aku dah pernah nyoba cuman direndem pake bawang putih halus/jeruk, tapi tetep bau amis ikan2 itu masih ada. Yg lumayan ilang klow ditambahin saus tiram atau kecap manis. Ada yg punya tips buat ngilangin bau amis ikan laut dalam?

16 Comments:

At 4:36 pm, Anonymous Anonymous said...

mba,........aku baru liat blog mu.
sangat sangat amat berguna sebagai referensi ku ,sebagai ibu baru, sebagai ibu dari anak usia 1 tahun, sebagai ibu dari anak yg makannya susyeh dan di emut :)

Btw mba, aku suka bikin sup ikan, untuk menyamarkan bau amis nya aku pakai kan daun salam,+ daun jeruk, nah daun jeruk ini malahan bikin masakan jadi wangi.

So,di coba ya mba, sapa tau berhasil
:))

 
At 9:20 am, Anonymous Anonymous said...

makasih mom...resep tunanya wenak :)

 
At 10:58 am, Anonymous Anonymous said...

wAh nI KaYaqnYa BuKaN BaLiTa AZZaH yaNg mAu...aQ jUgA MaU...hehehe...Tq YaH Kak...
UntUk ngURangiN baU aMis...UdaH perNaH nYoBa reNdAm PakE cUkA beLoM...??? sEbelOm dI masaK cUcI bersIh..n reNdaM paKe cUkA secUkuPnYa beBeRapa SaaT

 
At 3:32 pm, Anonymous Anonymous said...

mbak, numpang unduh ya. aku mau nyoba buat difaku

 
At 1:55 pm, Anonymous Anonymous said...

mam, permisi aku copy yah.
mo coba utk Ogieku yg sdh 20 bln
dah habis ide neh utk variasi menunya
salam kenal - rusmina

 
At 1:13 pm, Blogger Unknown said...

Mbak Retma, aku contek ya resepnya. Pas search di google langsung deh keluar resep mbak ini. Yang tadinya mau buat sup ikan malah dapat resep yg kayaknya enak banget deh. Saran aku buat ngilangin amisnya direndam sama jeruk nipis dan irisan jahe (dikeperk jahenya jga boleh). Lumayan untuk menghilangkan amisnya. Aku coba ya mbak resepnya. Terimakasih dan salam kenal dari Ummi-nya Izul dan Aisya

 
At 6:35 pm, Blogger mawar said...

makasih resepnya. untuk ngilangin amis biasanya saya pake sedikit olive oil saat menumis

 
At 2:46 pm, Blogger Unknown said...

mba,tp saus tiram itu kan mengandung vetsin. apa ga berbahaya buat balita?

 
At 4:03 pm, Blogger Reti Wulandari said...

Coba kasih fish sauce or kecap ikan mbak utk ngilangin amisnya.
Thanx idenya ya.
Aq br pdh k kota nelayan, tp gak bs msk seafood... :p

 
At 11:00 pm, Anonymous Anonymous said...

mba cara ngilangin amisnya pake daun salam.nah itu jitu banget dah.silahkan dicoba.

 
At 4:29 pm, Anonymous dame said...

bisa dikasi daun kemangi juga di masakannya.

 
At 2:39 am, Blogger Bunda said...

tunanya di bacem dulu mbak..anakku Nasywa (18 bulan) paling doyan tuna bacem, disuwir2 trus di kecapin

 
At 10:41 am, Anonymous wina arieny said...

Dear mba Retma =)

Boleh saya tau alamat emailnya?

Thanks,
Wina

 
At 10:43 am, Blogger elyn wahyuning said...

Mudah praktis enakk...makasih ya mb resepnya...untuk Fiqhi(5th) dan Furqon (20 bln) biar makanya banyak

 
At 6:59 pm, Blogger rahmatrusiyadi said...

thanks ya mba, pas bgt nh aq udh pny ikan tuna tp bingung mw diapain u/ anakku yg berumur 4th....salam kenal ya (Bunda Athar)

 
At 5:55 am, Blogger Unknown said...

Tq inspirasi nya..😊

Saran nih untuk hilangkan bau amis pada ikan, direndam dengan parutan timun, saya juga tau tips nya dari istri dan berhasil.😃

 

Post a Comment

<< Home