Lilypie 4th Birthday Ticker

Monday, November 21, 2005

Alternatif Menu untuk 1 Tahun ke Atas (2)

Resep yg di bawah sudah ada penyesuaian dari dirikuw! :D

**Mun Tahu Ayam**

Bahan:
  • Tahu jepang (tofu), potong kotak kecil
  • Ayam cincang
  • Daun bawang kecil, iris halus
  • Maizena, larutkan dengan air dingin
  • bawang putih, haluskan
  • saus tiram
  • minyak wijen (optional)
  • lada, garam

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih halus sampe wangi
  • Masukkan ayam cincang, masak sampai matang dan tidak menggumpal
  • Masukkan tahu jepang
  • Tambahkan larutan maizena, saus tiram, minyak wijen, lada, garam, aduk rata
  • Terakhir, masukkan daun bawang
  • Aduk sebentar, angkat.

**Nasi Hainan Ati Ayam**

Bahan:

  • Beras, cuci bersih
  • Kaki ayam kampung, rebus jadi kaldu
  • ati ayam kampung, potong2, rebus bersama kaki ayam
  • jahe, haluskan
  • bawang putih, haluskan
  • minyak wijen (optional)
  • lada, garam
  • Daun bawang kecil, iris halus

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan beras, aduk rata
  • Bumbui garam, lada, dan minyak wijen
  • Tambahkan kaldu ayam kampung
  • Masak hingga kaldu habis (jadi aron)
  • Kukus hingga matang
  • taburi daun bawang sebelum disajikan

Note: kalau aku, biasanya bikin nasinya spt resep di atas. Cuman hati ayamnya dimasak terpisah. Bawang putih geprek, tumis, masukkan hati ayam, kasih kecap manis/saus tiram, garam+lada dikit. Hidangkan dengan nasi.

---> mempertanyakan soal kaki ayam (ceker)? baca di sini ya: kaki ayam&khasiatnya

29 Comments:

At 12:36 pm, Blogger Greiche Gege said...

Mbak Retma..
Salam kenal dari saya..
Terima kasih karena sharing resep2nya..banyak sekali ngebantu saya karena anak saya sendiri ngga begitu suka nasi..Jadi resep2 mbak tuh oke banget loh..Sekali lagi makasih dan salam kenal

 
At 5:20 pm, Blogger retma said...

Gege mengejar Cinta? hihihihi :D kek judul novel.
Salam kenal juga ya. Seneng bisa ngebantu. Wah, dakuw cuman pengumpul resep kok. Sama2 blajar. Aku juga kadang ada yg gak cocok ama anakku :D I mean, dianya yg gak doyan.

 
At 10:12 pm, Blogger Greiche Gege said...

Hehehe...Itu judul sinetron ya mbak?Maklum nih,gege kan lagi di negeri jiran..
kalo kita dah repot bikin trus anaknya gak mau..duuh ngenes deh rasanya ya
Tapi so far,resep dari mbak oke banget buat zebby..
Nikki,balon zebby dah meletus tuh,gara-gara kebanyakan bawa balon,bingung deh..
Ntar kita tiup sama2 bikin balon yang banyak,oceh?

 
At 6:53 pm, Blogger retma said...

Itu judul novel, Ge.
Wew, dakuw dah berkunjung ke Zebby. Duuuh, anaknya gemesin yak... Okey deh, ditunggu klow pas pulang kampung yak. Maen bareng, gituw! :D

 
At 7:13 pm, Anonymous Anonymous said...

wah websitenya bagus yah.. resepnya juga unik unik :)

 
At 7:41 pm, Blogger retma said...

Thx dah mampir Zien... Unik? Aku cuman pengumpul resep kok. Cman, beberapa dah aku uji coba di dapurku, dan anakku suka. Makanya, di situ aku kasih beberapa catetan :D

 
At 3:03 pm, Anonymous Anonymous said...

hai mbak retma!
aku terbantu bgt nih sama blognya ;)anakku, rafa ( 1,7 bln )suka makan apa aja..tapi klo ada aku..ya ampun! kolokan bgt!ga mau makan nasi..jadinya aku sering coba-coba apa aja..tapi ya gitu lama-lama buntu juga deh!apa lagi yang mau dicoba..thanks to you..akhirnya nemuin juga resep-resep unik yang sarat gizi..;)btw punya resep yang pake ikan marlin ga? thx again

 
At 2:36 pm, Anonymous Anonymous said...

Hallo Mba Retma, salam kenal yha..

Aku Erlin, anakku Andra sekarang 13 bulan, lagi angot2an makannya mulai rada susah, di mut lagi. Kayaknya dia bosen sama maknannya.

Kebetulan aku lagi cari resep2 balita eh nyasarnya ke blognya Mba Retma, hehehe..

Aku copy resepnya yha mau aku coba..

Regards,

Erlin

 
At 12:52 pm, Anonymous Anonymous said...

hai mbak...salam kenal.

sebelum menemukan blog ini, aku cukup kesulitan menemukan resep-resep makanan untuk anakku, aghnia (16 bulan). Wah, kesulitanku saat ini sudah teratasi.
thanks ya mbak.

 
At 11:42 am, Anonymous Anonymous said...

Halo Mba Retma.. salam kenal yahh... Aku seneng banget nemu blog ini. Padahal ini tadinya iseng2 aja. Kebetulan anakku Kayla 15 bulan lagi ada masalah makan, trus perutnya juga agak sensitif, jadi aku ngga berani kasih dia makanan luar. Mudah2an dgn resep dari Mba Retma ini anakku mau makan.. dan badannya bisa nambah isi...Makasih ya Mbak...

 
At 2:06 pm, Blogger opas said...

terimakasih mbak
Nambah deh variasi menu makan putriku

 
At 10:19 pm, Anonymous Anonymous said...

Halo mbak retma, salam kenal.
Saya ibunya FAthiy, 23 bulan. Thanks ya mbak. Saya jadi ada alternatif menu. HAbis, tiap hari itu lagi itu lagi, malah saya yang masak yang bosen. hehehe
Btw, anak saya kok gak doyang ya, msakan yang kebarat2an. yang cheesy2 gituh. Hahaha, wong ndeso sih ya.
Woke, sekali lagi thanks ya,

Ibu FAthiy

 
At 10:23 am, Blogger Iin Aryanti said...

mbak retma, makasih ya dah kasih contekan resepnya. tapi sebenarnya saya masih ada ganjalan ni. sebenarnya untuk makanan pokok (karbohidrat), kan ga bentuk nasi aja kan mbak?lalu gimana dengan yang berbahan umbi2an, sereal dan jagung. gimana frekuensi pemberiannya? atau mbak punya resep yang berbahan ketiganya itu? bagi dong mbak.pengennya biar Aufa(17 bulan) ga tergantung sama nasi.makasih ya mbak sebelumnya.

 
At 10:41 am, Blogger retma said...

@ Iin --> untuk umbi-umbian, bisa dibikinin pure. Misalnya pure kentang atau kentang panggang. Uenak loooh. :p Kan Aufa dah 17 bulan yah, jadi agak lumayan enak bikinnya. Dah pernah nyobain spagetti, pancake, makaroni?

Jagung, terus terang aku belon pernah nyobain karena biasanya cuman sebagai makanan pendamping. ^_^

Kalo sereal. Hm...aku biasanya cuman variasiin "kuah"-nya ajah. Havermut kadang aku bikin cupcake juga... (karena anakku sekarang dah TK, jd buat bekal snack siang dia).

Nanti aku cobain kumpulin resep lagi ya... soalnya ini blog dah gak mau aku utak-atik. :(

 
At 2:34 pm, Anonymous cyntha said...

hai..mba retma...salam kenal yach...wah aq seneng bgt nih nemu blognya mba :)
aq lg cari2 makanan buat anak ku umur 14 bln, tapi dia blom bisa ngunyah. jd kalo dkasi makanan ama dia lgs ditelen aj. kira2 makanan apa ya yg cocok mba? selama ini aq cuma kasi beras+dg sapi+wortel/bayam/labu dicampur jd satu trus dimasak pake slow cooker gitu doank. trus gimana caranya ya biar dia mulai blajar ngunyah?giginya sih baru 4 :)

 
At 9:20 am, Anonymous Anonymous said...

hai mbak retma. lam kenal ya. senang banget baca blognya mbak. banyak sekali serep makanannya. kebetulan sy lg bingung nyari makanan apa ya untuk anak sy Hani (14 bulan). dia sebetulnya suka makan tp kadang bosan bikin makanan itu-itu aja. untunglah dapat resep dari mbak. makasihnya mbak. mo nyoba nih mudah2an mau. sekali lg makasih ya.

 
At 11:49 am, Blogger Unknown said...

hi mbak rema salam kenal ya...
sebelumnya mo minta izin nih...ngopi resep2nya...

kayaknya enak2 nih, kebetulan aku lagi pusing banget Nayya (1thn 20bln) lagi gag mau makan nasi...sama sekali. minum susu botol nya pun sedikit...itu pun krn terpaksa, krn aku mamanya kerja...

mudah2an resep2 dari mbak rema si kecil doyan...tar aku kabarin lagi ya kalo berhasil....

doain aku ya...:-D

 
At 12:01 pm, Anonymous Anonymous said...

Salam kenal mbak,
tengkyu resepnya...
saya mau coba dirumah...
mudah2an anakku jd doyan makan...:)

 
At 1:09 pm, Anonymous Mama Ara said...

Salam kenal mba, mau nanya kl buah bit enakny d apain ya?anaku Ara 14bln g bgt doyan kl drbus or dmsk ky sup..thx b4

 
At 2:08 pm, Anonymous selang seling said...

Bisa jadi alternatif menu nih, makasih infonya...

 
At 1:55 pm, Anonymous webmind said...

wah makasi nih, pas nemu website ini, anakku lagi susah makannya, ntn di coba menu2nya.

thx ya :D

 
At 10:00 pm, Blogger arifin_lp said...

trims sebelumnya mbak.
salam kenal.
boleh ya kami coba resepnya.
semoga bisa mengembalikan selera makan si kecil yang hilang.

papanya bagass

 
At 8:33 am, Anonymous indri said...

bermanfaat banget

 
At 8:57 am, Blogger Shinta Gendis said...

Bisa ga kalau tidak pakai saos tiram? kan mengandung msg..Saya selalu menghindari msg untuk balita.

 
At 9:40 pm, Anonymous diana said...

anak saya, adin akannya lebih lahap setelah diberi sup bakmoy :)
thx for the info...

 
At 10:27 am, Anonymous Indonesia Today said...

Makasih ya dah sharing resepnya. Saya coba ya :)

 
At 10:06 pm, Blogger dinaufa said...

makasih banget yah resepnya, mau aku coba praktekin.
dear mom untuk resep bayi mpasi juga monggo mampir ke web ku yah
www.boendajempolan.com

 
At 9:13 pm, Anonymous retma said...

@art-n-news: Say, coba liat2 di rak makanan yak. Di situ, ada satu merek, di mana untuk saus tiram, mereka punya 2 macam. Pake msg, dan non-msg. Buat anak-anak, cari yang gak pake msg. Oke? Gutlak. hepi hunting! :D

 
At 8:52 pm, Blogger yatmono abdullah said...

tengkyu very much mba
resep kuliner nusantara

 

Post a Comment

<< Home