Lilypie 4th Birthday Ticker

Thursday, October 20, 2005

Persiapan Mudik buat Si Kecil

Nah... dah mo Lebaran kan? Siap-siap mudik? Hayuuu, makanan apa yang bisa dibawa buat si kecil di perjalanan. Intinya, jangan makanan yg gak ada gizinya. Jangan asal ngemil, tapi gak ada apa-apanya.

Bingung? Ah, jangan. Kita bisa siapkan banyak alternatif buwat si kecil. Apa ajah? Ini dia.

Note: Ini sebenarnya buwat 1 tahun ke atas. Tapiiiy, klow yg di bawah satu tahun, disesuaiin ajah yak. (Sebelonnya, thx buwat Mom Atli yg dah sharing ke dakuw).

Alternatif 1:
Anda bisa bawa potongan buah-buahan.
Misalnya: pepaya, pear, apel, alpukat, melon, semangka, jeruk, kiwi, stroberi, mangga, tomat, dll.

Tapi, perlu diinget. Buah-buahan ini cepet layu. Jadi, harus cepet dimakan. Paling lama, 3 jam setelah perjalanan. Untuk tomat, klow mo sedikit repot, bisa lah... dihancurin di gelas pake sendok gituw. Kasih air dikit. Uenak. Anakku juga doyan banget tuh.
Bisa juga buah-buahan utuh yg bisa dibuka di jalan. Misalnya:

- pisang

- potongan keju

- telor rebus (aku selama ini ngasihnya telur puyuh, krn anakku msh setahun)

- batang wortel (bisa direbus, bisa juga langsung ajah. Tgantung anak kita sukanya yang mana)

- batang seledri yang gede

- potongan kentang rebus

- potongan ubi rebus

- kurma

- manisan kering (ini misalnya kismis, sultana). Aku dah nyoba ke anakku. Awalnya dia nyengar-nyengir, tapi lama-lama suka! :D

Alternatif 2:

Bisa bawa makanan yg dah dimasak. Variasi asin:

- makaroni skotel

(aku biasa bikin pake makaroni, susunya pake susu buwat anak, tambahin wortel yg diparut kasar/dipotong, kacang polong, daging cincang, keju, dll--> sesuai selera. Klow utk 1 tahun ke atas, bisa pake susu UHT kek susu Ultra. Yg plain).

- perkedel daging

- perkedel ikan

- macaroni and cheese

- risoles

- kroket

- bitterballen

- otak-otak (yang praktis, gag usah dibakar tapi dikukus doank)

- mini pizza (klow mo praktis: roti tawar atasnya kasih mentega, sayuran, keju, daging giling, dll, panggang deh)

Alternatif 3

Variasi manis:
- cake wortel

- muffin pisang

- pancake

Ehm, meski dah setahun, penggunaan garam n gula biasanya aku bikin seminimal mungkin. Apalagi bumbu2 yg lain. Trus, biasanya aku pake mentega yg tawar (unsalted). Apalagi yak? Oh yah. Klow bisa, makanan ditaruh di tas khusus macam hot n cooler (lah, bukan promosi yak). Tp klow enggak juga gak pa-pa. Asal kita tau, sampe seberapa tahan itu makanannya.

Okey, MET MUDIKKKKKKKKKK!!!! Baliknya, oleh2 jangan lupa dikirim ke aku! ;)

3 Comments:

At 8:42 pm, Anonymous Anonymous said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 
At 11:17 pm, Blogger King Wiener said...

Ass,
Dear Mba Retma ,

Untuk blog nya bener2 dasyat penuh dengan info ..
semua aja aku copy .
Mba , menurut saya kenapa nggak coba bikin buku aja mba , kalu dari gaya mba menulis aja itu aja sudah unik ... pasti okelah kalu bisa ngarang buku gitchu saran saya .

Dahlia T. Pribadi
0815 906 7208

Mba aku jug amau tanyaa apa anaknya pure ASI mba ?

Thanks

 
At 11:18 pm, Blogger King Wiener said...

Ass,
Dear Mba Retma ,

Untuk blog nya bener2 dasyat penuh dengan info ..
semua aja aku copy .
Mba , menurut saya kenapa nggak coba bikin buku aja mba , kalu dari gaya mba menulis aja itu aja sudah unik ... pasti okelah kalu bisa ngarang buku gitchu saran saya .

Dahlia T. Pribadi
0815 906 7208

Mba aku jug amau tanyaa apa anaknya pure ASI mba ?

Thanks

 

Post a Comment

<< Home