Lilypie 4th Birthday Ticker

Monday, January 17, 2005

Kaki Ayam buat Bayi

Kaki Ayam dan Khasiatnya
KOLAGENNYA BISA JADI OBAT

Orang Indonesia boleh dibilang kenyang makan ceker ayam atau kaki ayam. Bayangkan, sejak kita boleh mencicipi nasi tim, kaki ayam sudah jadi hidangan favorit kita sehari-hari. Setelah kita belajar jalan, makin rajin orangtua kita memasok kaki ayam pada sajian nasi timnya. Konon, kaki bayi bisa bertambah kuat kalau anak sering diberi kaki ayam. Sebagian pakar sering protes dengan pendapat ini. Alasannya, bagian ayam yang bergizi tentulah dagingnya. Sementara kaki ayam, jelas-jelas tanpa daging. Kalaupun ada bagian kulitnya yang agak tebal, pasti tidak ikut dimakan si bayi.

Menanggapi pendapat mereka, para orang tua tidak serta-merta mundur. Kaki ayam tetap saja diikutsertakan dalam membuat nasi tim bagi bayi-bayi mereka. "Ya, sudahlah kalau tidak ada gizinya, paling tidak kita bisa memanfaatkan rasa gurihnya. Toh, dulu-dulu juga kita bisa sehat begini, kan, antara lain karena kaki ayam," kata para ibu yang jelas-jelas emoh meninggalkan kebiasaan yang sudah turun-temurun itu.

Kaki ayam memang memberi rasa gurih. Hingga orang dewasa pun banyak yang hobi makan kaki ayam. Entah kaki ayam yang dimasak ala dimsum atau kaki ayam yang dijadikan keripik bergengsi yang harganya luar biasa melambung itu. Sebetulnya, betulkah kaki ayam sama sekali tidak bermanfaat, atau betulkah kaki ayam bisa menguatkan kaki dan otot bayi hingga lebih cepat berdiri kokoh dan berjalan? Mari kita lihat apa saja yang terkandung dalam kaki ayam itu.

Di dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang, dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Kalau kena panas, kolagen akan mencair menjadi cairanyang agak kental seperti lem. Nah, susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yakni komponen dasar protein. Di dalam asam amino itu antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinin-glisin. Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Dengan begitu memang masuk akal juga kalau orang tua kita tetap bertahan untuk menyuguhkan kaki ayam bagi anak-anaknya. Sebab, jenis asam amino prolin danhidroksiprolin serta zat kapur jelas-jelas dibutuhkan dalam pertumbuhan anak. Betul memang kaki ayam tidak berdaging, tetapi seperti diuraikan diatas, saat kena panas, kolagen yang terkandung dalam kaki ayam segera mengalir dan bergabung di dalam nasi tim kita. Nah, kolagen inilah yangkita manfaatkan, bukan dagingnya.

Memang untuk mendapatkan gizi yangcukup anak tidak hanya perlu mendapat kaki ayam, tetapi juga tentu dagingnya. Tetapi kebiasaan memberi anak makan kaki ayam, tetap tidak perlu ditinggalkan.

TAK CUMA PERTUMBUHAN ANAK
Fungsi kolagen, tak cuma untuk pertumbuhan anak, lo. Orang yangmenderita rematik pun, amat dianjurkan sering-sering makan kaki ayam. Kenapa begitu? Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yangbersifat imunogenik. Ceritanya, di dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen. Yakni antigen asing dan antigen diri. Setiap antigen bisa bersifat antigenik dan imunogenik. Antigen yang antigenik dapat berikatan dengan antibodi, meski tidak bisa merangsang tubuh membentuk antibodi terhadap antigen. Sementara antigen yang imunogenik juga mampu berikatan dengan antibodi spesifik, tetapi juga mampu menghasilkan antibodi spesifik terhadap antigen.

Nah, antibodi terhadap antigen inilah yang perlu dirangsang bagipenderita rematik. Tentu hubungan sang antigen tadi dengan penyakit rematik punya uraian ilmiah yang panjang sekali, yang agak sulit kita pahami sebagai orang awam. Yang jelas, makan kaki ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik

CARA MENGOLAH
Betapapun hebatnya peran si kaki ayam, tentu kalau cuma ditim atau direbus belaka, Anda enggan menyantapnya, kan? Apalagi kalau dihidangkan setiap hari. Begitu juga dengan nasi tim si kecil. Jangan coba-coba cuma menghadirkan nasi tim dengan kaki ayam yang itu-itu saja dari hari kehari. Bisa-bisa si kecil kelak tidak doyan makanan lainnya. Atau malah tidak mau makan. Seperti nasi tim yang bisa kita buat variatif dengan menambahkan bahan lain secara berganti-ganti, kaki ayam untuk pengobatan ini pun bisa kita olah jadi hidangan lezat yang variatif. Yang jelas, olahlah kaki ayam dengan cara direbus atau ditim, bukan digoreng. Kaki ayam yang digoreng sudah rusak struktur protein kolagennya akibat suhu yang tinggi. Perebusan dan pengetiman tidak lebih dari 100 derajat Celsius hingga dijamin tidak merusak protein si kaki ayam. Meski cuma boleh direbus dan ditim, sebetulnya kaki ayam bisa dibuat menjadi berbagai jenis hidangan.

@Sumber: sedap-sekejap

32 Comments:

At 2:56 pm, Anonymous Anonymous said...

Thanks for the recipes :)

 
At 10:35 pm, Anonymous Anonymous said...

thank you for the info although i used 'ceker' already, 'cos my mom said it's good for the feet

 
At 2:11 pm, Blogger The Ibrahims said...

thanks alot untuk resep-resepnya, bener2 membantu.

 
At 11:11 pm, Blogger retma said...

Ya... ya.... makasih juga dah pada mampir. :D
Seneng juga klow dapat membantu. Emang kita ini sering pusing ya, nyari resep buat anak2 :(

 
At 1:33 pm, Anonymous sulis said...

wah... informasinya benar2 membantu Mba.
Temenku lagi giat nyari resep2 ttg makan bayi (maklum, ibu baru). Eh..nemu link ini. Makasih ya Mba..

informasinya berguna banget deh!

 
At 11:53 pm, Blogger retma said...

to: Sulis --> sama2 ya say. Seneng kalo bisa bantu. :)

 
At 11:13 am, Anonymous www.valere-fashion.com said...

mbak..kalo buat baby 10bln yg bagus kaki ayam kampung atau kaki ayam biasa sih....thx ya..

 
At 12:07 am, Blogger retma said...

Kalo buat anak2... paling bagus ya, pake ayam kampung. :) Saya biasa pake ayam kampung untuk olahan yg memakai bahan ayam.

 
At 7:44 pm, Anonymous sherrt said...

makasih ya mbak...nanti saya cobain kaki ayam kampung ditim.

 
At 11:37 pm, Blogger Ummu Ammar said...

Makasih banyak ya Mba udah mo share resep2nya :)berguna banget.

 
At 8:45 pm, Blogger anik said...

thank's buat resepnya.. baguss oiii. but mau nggak kalo ada yang baru mail ke aku....

 
At 3:38 pm, Blogger Piecha said...

Mau tanya, kalau buat buburnya pake pressure cooker gimana ya? maklum waktu masaknya terbatas..

 
At 12:39 pm, Blogger Bunda Radit said...

Makasih ya mba resep2nya bantu saya yg lagi belajar masakin tim,ngomong2 boleh ga qt tukeran link

 
At 11:53 am, Anonymous tri semarang said...

Kebetulan temen pengen kasih kaki ayam ni buat si kecilnya, cuman belum yakin khasiatnya. jadi bisa bagi-bagi info nih...makasih ...

 
At 4:03 pm, Anonymous Mama Dzifi said...

Makasih ya respenya

 
At 1:51 pm, Anonymous Anonymous said...

O ya????!!!
Tp gara2 buburnya diisi ceker ayam , babyku (waktu umur 7 bln)malah diare lho, sampe mesti dirawat di RS selama 3 hari !!!
Akhirnya utk buburnya aku isi daging ayam cincang / daging sapi cincang / telur ayam kampung / ati ayam. Malah skr (umur 9 bln) udah bisa berdiri sendiri sambil berpegangan ditembok.
It might be works for you; But not for my baby. Thank's

 
At 9:55 pm, Anonymous Mamanya Gwen said...

Temenku bilang kaki ayam bisa ada kista cacingnya, yang tidak mati di suhu 100 derajat.
gimana dong?
bisa dicarikan info lagi tidak?
thanks a lot

 
At 10:19 am, Anonymous Anonymous said...

haloo mba Retna,aduh makasih banget ya buat resep-resepnya dan infi-infoya.bener-bener berguna banget,kadang saya bigung dengan menu makan buat sikecl yang itu-itu aja.semoga bermanfaat buat pertumbuhananak saya.

 
At 8:20 pm, Anonymous http://rumahbiznet.co.cc said...

Aduh...makasih bangets nih info resep nya....ugh..anaku susah bangets makan...moga dengan resep2 baru ini bisa buat dia jadi selera...hehehe....
http://bundarizqy.co.cc

 
At 11:26 am, Anonymous santiagung said...

mau nanya nih mbak...kaki ayam itu harus dari ayam kampung atau boleh ayam negeri, sebab di kota kami tinggal kaki ayam kampung harganya sangat mahal. trimakasih sebelumnya...

 
At 11:27 am, Blogger mama alvin said...

makasih artikelnya. top bgt!

 
At 7:17 am, Anonymous Anonymous said...

Thanks alot atas infonya, emang sering sih denger manfaat ceker ayam, kirain justru bnyak kandungan kalsiumnya, eh tp yg plg penting ibu2 yg lain pnya resep yg beda utk pengolahn ceker ayam...? Soalnya kok bosen dgn masakan ceker ayam yg begitu begitu aja. Tolong ya...plis...!!!!

 
At 10:25 pm, Blogger Adi said...

Oes Tsetnoc one of the ways in which we can learn seo besides Mengembalikan Jati Diri Bangsa. By participating in the Oes Tsetnoc or Mengembalikan Jati Diri Bangsa we can improve our seo skills. To find more information about Oest Tsetnoc please visit my Oes Tsetnoc pages. And to find more information about Mengembalikan Jati Diri Bangsa please visit my Mengembalikan Jati Diri Bangsa pages. Thank you So much.
Oes Tsetnoc | Semangat Mengembalikan Jati Diri Bangsa

 
At 3:42 pm, Blogger Siti Nurbaya a.k.a Dayank said...

makacih infonya Mbak.. mantap banget

 
At 9:34 am, Blogger Arashi said...

Info tentang ceker ayamnya bagus bgt. Tapi lebih mantep lg klo di sertai dengan aneka resep tuk mengolahnya mungkin y! Coz sedikit sekali resep yg saya tahu cara mengolahnya. Biar g bosen si kecil.. Tengkyu so much 4 the recipe..

 
At 12:54 am, Anonymous Ceepluk Shop said...

Thanks Mba.. moga2 si kecilku doyan sama kaki ayam :)

 
At 8:12 am, Anonymous usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

 
At 2:43 pm, Anonymous Anonymous said...

resepnya mana?

 
At 7:09 pm, Anonymous Anonymous said...

trims yaaa,infonya useful banget....aq udah lm penasaran dgn info yg atu ini...

 
At 2:28 pm, Blogger bening said...

trims infonya tapi bisa nggak ya ..ngasi resep menu kaki ayam untuk balita umur 12 bulan trims..lagi

 
At 10:00 pm, Anonymous ajeng said...

ngomongin tentang ceker jd pengen masak sup ceker nih.hihihi...anakku yg pertama dan kedua paling doyan klo d masakin sup ceker yg ada cekernya sdh habis sayurannya d tinggalin tinggal buat ortunya..haha trims tuk info yg luar biasa hebaaaat dan mantaaaap

 
At 4:02 pm, Blogger Jesse Alexander said...

bener... anakku usia 7 bulan MPASI nya uda ada yg berbau kaki ayam alias ceker di setiap makanannya,, alhasil 11 bulan uda bisa jalan,, ceker memang ok// hehehehe

 

Post a Comment

<< Home