Lilypie 4th Birthday Ticker

Saturday, January 15, 2005

Jenis Buah Menurut Usia

BUAH UNTUK SI 4 BULAN

Buah yang Disarankan:
* Air jeruk sangat baik diberikan karena banyak mengandung vitamin C yang berfungsi memperbaiki lapisan-lapisan dalam pembuluh darah, termasuk lapisan mulut. Juga untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, penyembuhan luka, pertumbuhan tulang dan gigi bayi.
* Pisang, sangat baik karena banyak mengandung kalori untuk pertumbuhan, vitamin C, kalium, kalsium. Pisang memiliki kadar tepung tinggi, dibanding buah semangka yang lebih banyak air dibanding tepungnya. Pisang juga mengandung mineral yang tinggi.
* Sari buah tomat dan pepaya. Saat memberikan sari buah tomat pada bayi, kulit ari dan biji tomat harus dipisahkan terlebih dahulu karena keduanya tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Tomat dan pepaya sangat baik untuk bayi karena mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, juga untuk kesehatan matanya.

Buah yang Harus Dihindari:
* Yang banyak mengandung serat, seperti sirsak. Sirsak dan buah lain yang seratnya panjang-panjang susah dicerna oleh bayi.
* Buah yang rasanya terlalu asam, karena dapat menyebabkan bayi sakit perut
* Buah-buahan yang mengandung alkohol, seperti durian dan nangka cempedak.


BUAH UNTUK SI 6-7 BULAN
* Umumnya bayi telah mulai tumbuh gigi, jadi ia sudah bisa diberi buah yang banyak mengandung serat, seperti mangga atau semangka.
* Penyajian buah untuk usia ini pun dapat lebih kental dari sebelumnya, dengan cara dijus, dikerok, atau dilumatkan
* Bayi juga sudah boleh diberi buah yang dipotong kecil-kecil untuk melatih gigi-giginya. Karena umumnya di usia ini bayi mulai belajar mengunyah.
* Buah yang sebaiknya dihindari di usia 6-7 bulan, sama dengan untuk byi umur 4 bulan.


BUAH UNTUK SI 8-12 BULAN
* Menginjak usia 8 bulan, biasanya gigi-gigiya sudah semakin kuat, sehingga sudah memungkinkan untuk diberikan buah yang dipotong-potong, seperti semangka, mangga, pisang, pepaya yang dipotong kecil-kecil
* Pada usia 11-12 bulan, karena biasanya gigi-giginya sudah kuat dan lengkap, dianjurkan memberi buah yang dapat dimakan utuh, seperti pisang.


FREKUENSI PEMBERIAN BUAH
* Frekuensi pemberian buah sebaiknya disesuaikan dengan pemberian ASI dan makanannya.
* Mula-mula diberikan sekali dalam sehari terlebih dahulu. Misalnya, ibu ingin menggantikan waktu pemberian ASI yang biasanya diberikan pada jam 10 pagi dengan buah. Nah, buatkan jus pepaya atau perasan air jeruk.
* Setelah itu, lihat reaksinya. Kalau anak masih lapar, boleh saja ditambahkan ASI.


TAK DISARANKAN BUAH KALENGAN
Buah dalam kaleng, tak dianjurkan. Sedapat mungkin beri makanan/buah yang segar dan alami. Buah-buahan dalam kaleng biasanya telah diawetkan dan umumnya ditambahi beberapa zat tertentu. Walaupun disebutkan zat itu memenuhi persyaratan, tetapi kalau bisa mendapatkan makanan yang segar, lebih baik kita berikan buah segar. Harganya pun lebih murah dibanding buah kaleng.


@Sumber: tabloid Nakita

13 Comments:

At 10:20 pm, Anonymous maureen said...

hi ret
mau tambahin dikit tg pisang, ternyata pisang untuk beberapa bayi bisa mangakibatkan sembelit,info dari dokter anakku n di majalah parenting jg pernah ada. jadi harus dibatasi sekali,u anakku sebelum stahun malah di banned! hehehe
n tomat lebih ok di rebus dulu sebelum disajikan karena vitaminnya baru keluar setelah direbus..
n salut untuk share resep n tips kamu yang sangat membantu...

 
At 10:37 pm, Blogger retma said...

Hai mbak... makasih komen-nya. Well, in fact, anakku sendiri klow makan pisang juga sembelit kok! Terutama pisang yg sunpride. Tp klow pisang ambon (bener2 masak), dia biasanya oke. Hehehe :D

Mbak, aku minta tulung banget neh, klow ada info yg bagus, kayak tomat ituw, bisa kasih sumbernya? Aku gak berani pasang di blog ini tanpa ada sumber. OKe?

 
At 1:33 pm, Anonymous hera said...

minta info mengenai "wortel" dong, krn anakku hampir setiap hari oleh mertua dikasih makan nasi tim + wortel + ati ayam, kalo keseringan mkn wotel ada efeknya ngga?
thx. hera.

 
At 8:21 pm, Anonymous Anonymous said...

minta info resep makanan bayi umur 13 bulan.soalnya udah ga mo makan bubur lg,thx sulis

 
At 5:07 pm, Anonymous Anonymous said...

Klo giginya masih 2 dibawah..boleh dikasih finger food??
ga takut tersedak??

 
At 11:06 am, Anonymous Anonymous said...

hi hera...
ada sedikit info mengenai wortel, dan ini berdasarkan pengalaman saya. sebaiknya wortel jgn d berikan tiap hari, karena akan menyebabkan kelebihan vitamin-A serta kulit jd kuning2 terutama pada telapak tangan dan kaki (seperti penyakit kuning) kalau sudah berwarna kuning, sgera hentikan pemberian wortel sampai warna kulitnya normal kembali..
trims.. semoga bermanfaat..

 
At 6:44 pm, Anonymous puffy baby said...

Wortel sangat bagus buat anak karena kandungan vitaminnya. Tapi memang kalau kebanyakan bisa membuat anak jadi kuning. Pengalaman waktu anakku belum 1 thn, ujung hidungnya dan telapak tangan/kaki menjadi kuning. Setelah di-stop 3 hari, hilang lagi. Sekarang setiap hari aku kasih wortel kukus atau di-soup, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Anakku tidak pernah kuning lagi :) Jadi sebaiknya jumlahnya jangan terlalu banyak atau frekuensinya yg jgn setiap hari. Tapi kalau anak2nya baik2 saja, sepertinya tidak masalah yah. DSA-ku sendiri sangat menganjurkan wortel.

Terus tambahan info, di US, jeruk dan sejenisnya serta strawberry dianjurkan setelah 1 tahun karena citrus atau kandungan asamnya itu bisa saja tidak kuat diterima perut bayi dan menyebabkan diare. Tapi tetap tergantung anaknya yah, ada yang 4 bulan minum jus jeruk dan baik2 saja :) Yang penting sebagai mom, kita pantau saja terus makanannya.

Buat Mbak Renta, thanks a lot buat sharingnya :)

 
At 8:12 am, Anonymous usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

 
At 2:48 pm, Blogger Dwi Jayanti Wulandari said...

anakku skr usia nya 1 thn 3 bln tp td sk buah2an beda swktu dya bayi sgt sk buah2an.. skr kl diberi buah slalu ditepis..

 
At 1:51 pm, Anonymous Anonymous said...

pengen kasih alpukat buat bayi 6 bulan boleh engga? mengingat kandungan alpukat yang baik buat tubuh, tapi bikin baby gemuk juga engga? minta saran ya mbak..

 
At 10:49 pm, Blogger maya said...

anakku dikasih alpukat pas usianya sktr 6-7 bln. dia suka. bt rasa manisnya dikasih jeruk baby.kandungan alpukat ada lemaknya (lemak yang baik bkn yang jahat) bagus bt pertumbuhan.

 
At 11:03 am, Blogger gits' said...

Anakku skr telapak tangan dan kakinya kuning. Makan wortel memang tiap hari, tp dikukus dan porsinya sedikit. Nah, klo makan pepaya sehari 2 kali. Apa karena makan pepaya ya? Mohon sharenya ya

 
At 1:13 pm, Anonymous info kesehatan said...

terimaksih infonya, buah sangat bagus untuk si kecil, namun jika tidak tahu cara pemberian, malah bisa salah

 

Post a Comment

<< Home