Lilypie 4th Birthday Ticker

Friday, January 14, 2005

Jadwal Pemberian Makanan Bayi

Jadwal Pemberian Makanan Bayi Berdasarkan Rekomendasi IDAI

* 0-4 bulan

ASI On demand


* 4-6 bulan (bertahap)
Pukul 06.00 (bangun tidur)
ASI
Pukul 08.00 (makan pagi)
Bubur Susu
Pkl. 10.00
Buah segar/biskuit
Pkl. 12.00 (makan siang)
ASI
Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
ASI
Pkl. 16.00
Buah segar/biskuit
Pkl. 18.00 (makan malam)
Bubur susu
Pkl. 21.00
ASI


* 6-9 Bulan (Bertahap)
Pukul 06.00 (bangun tidur)
ASI/PASI
Pukul 08.00 (makan pagi)
Bubur→ nasi tim
Pkl. 10.00
Buah segar/Biskuit
Pkl. 12.00 (makan siang)
Bubur→ nasi tim
Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
ASI/PASI
Pkl. 16.00
Buah segar/biskuit
Pkl. 18.00 (makan malam)
Bubur→ nasi tim
Pkl. 21.00
ASI/PASI


* 9-12 Bulan (Bertahap)
Pukul 06.00 (bangun tidur)
ASI/PASI
Pukul 08.00 (makan pagi)
Nasi Tim→ makanan keluarga
Pkl. 10.00
Buah segar/biskuit
Pkl. 12.00 (makan siang)
Nasi tim→ makanan keluarga
Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
ASI/PASI
Pkl. 16.00
Buah segar/Biskuit
Pkl. 18.00 (makan malam)
Nasi tim→ makanan keluarga
Pkl. 21.00
ASI/PASI


> 12 bulan
Pukul 06.00 (bangun tidur)
ASI/PASI
Pukul 08.00 (makan pagi)
Makanan Keluarga
Pkl. 10.00
Snack
Pkl. 12.00 (makan siang)
Makanan Keluarga
Pkl. 14.00 (sebelum tidur siang)
-
Pkl. 16.00
Snack
Pkl. 18.00 (makan malam)
Makanan Keluarga
Pkl. 21.00
ASI/PASI


@Sumber: Ikatan Dokter Anak Indonesia

60 Comments:

At 7:19 am, Anonymous Anonymous said...

Halo mba,
Salam kenal. Saya tahu blog-nya dr milist Sehat. Mau tanya, koq 4 bln sdh diberi MPASI ya? Bukannya 6 bln? Lalu yg sy tahu sebaiknya yg dikenalkan pertama kali adl beras2an, bukan buah atau lainnya. Mohon sarannya ya...

 
At 6:03 pm, Anonymous Anonymous said...

mbak,trims bgt tipsnya. mo tanya kalo anakku 15bln jadwalnya pagi j6 havermut,j9 susu,bis bobo j10.30 mam nasi,j12 buah,j2 susu,j4.30 nasi,klar mandi biasa ngemil biskuit,j8 susu dan bobo,udah cukup atau perlu tambah porsi nasi lagi? trims

 
At 4:23 am, Anonymous Anonymous said...

salam kenal ya mba
thanks banget nih..
di blog ini aku nemuin apa yang kucari
anakku sebentar lagi 6 bulan..
dan mau ku beri MPASI.

 
At 5:55 pm, Blogger ihzabund said...

hai mba retma...senang bisa mampir ke blog yang nyam-nyam ini...kalo ngeliat gambarnya jadi pengen nyoba tuh..dan yg pasti thanks bgt saran dan jadwal makan bayinya,cause i have 4 months baby..

 
At 1:03 pm, Anonymous Anonymous said...

Thanx infonya. Tapi bbrp yll aku ke dokter n tanya apa anakku dah boleh dikasih jus ato yang laennya. Trus dokternya bilang belum boleh kan masih 4 bulan, ntar aja kalo dah 6 bulan. Jadi gimana dengan jadwalnya???

 
At 3:19 pm, Anonymous Anonymous said...

aduh .. makasih banget .. Nanay nih udah 9 bulan .. dia kadangan suka nangis malem-malem .. pas dikasih biskuit mau .. hmm rupanya laper kali yah.. tapi pernah nanya kalo bayi gak boleh makan malem malem .. apalagi makanan berat .. nah lho ..
eh pas liat disini ternyata Nanay emang terlalu cepat makan sorenya jam 15.30 .. hmm mudah2an setelah dikasih jadwal ini Nanay ga nangis lagi deh ..
Makasih yahhh ..

satu lagi tapi gak ada kaitannya sih .. kalo mau nampilin banner dihalaman blog diluar posts gitu gimana yah?? Nanay pake wordpress.. heuheu jadi malu ..

 
At 3:24 pm, Anonymous Anonymous said...

ih masih aku nih mba .. aku link yah blog-nya .. makasih ..

 
At 4:34 pm, Anonymous Anonymous said...

thanks ya resepnya. mau aku coba. salam kenal dari adek nizal untuk jagoaannya retma namanya sapa?

 
At 3:54 pm, Anonymous Anonymous said...

salam kenal
wah ngebantu banget nih blog nya.
aku dianjurkan ma DSA ku untuk memberi makan c kecil mulai dari 4 bulan. (berhubung aku tdk asi eksklusif) tapi untuk ibu yg memberi asi ekslusif boleh memberikan MPASI mulai dari 6 bulan. itu menurut DSA ku loh....
Thanx ya infonya

 
At 9:37 am, Anonymous Anonymous said...

Lam kenal mbak.... Aku winy.. Thanks banget buat resep-resep nya. Anakku udah 9 bulan tapi masih suka makan bubur susu aja. Iseng2 ntar resepnya aku coba ah..

 
At 11:07 am, Anonymous Anonymous said...

webnya inspiratif, tks lho jadi bisa coba2 menu buat 2 little boy n girl ku....webnya aku link ya mbak...

 
At 12:52 pm, Anonymous Anonymous said...

aku ibu muda bgt stres ga bisa ngasih asi krn bayi sgt rewel klo mao disusui jd skrng aku kasih pisang, kadang cerelac ditambah susu juga bisa kasih tips cara nyaman utk memberi asi ke bayi thx for the tips

 
At 2:39 pm, Blogger fie said...

allo mbak....aku fie, thanks buat infonya,resepnya lgs kan ku coba.

 
At 4:11 pm, Blogger Erny said...

BU kalo anak udah mo jalan 8 bulan udah boleh di kasih nasi TIM belum yach???

 
At 4:12 pm, Blogger Erny said...

oh yach lupa...boleh minta resepnya???

 
At 11:29 am, Blogger lowin said...

salam kenal mbak. aku lowin, ibu baru yang 2 minggu lagi ankku akan genap usia 6 bulan. jadi aku lagi rajin banget ngumpulin resep MPASi untuk aku praktekkan ntar lagi. seneng deh bisa dapat info banyak variasi menu .thank bgt dan salam kenal untuk yang lain

 
At 10:36 am, Anonymous Anonymous said...

salam kenal mbak,aku ika,aku mau minta resep2 makanan n jadwal pemebrian makanan yang tepat buat anakku karena 4 hari lagi anakku berusia 7 bulan.thank ya mbak!

 
At 1:45 pm, Blogger ka2007ne said...

hai,salam kenal mbak,makasih infonya bagus bgt& sangat membantuku

 
At 3:01 pm, Anonymous Anonymous said...

hai mbak, salam kenal.
Anakku udah 6bulan. Tapi selalu tidurnya malem bgt kira jam 11an gtu, trus jdnya bgn diatas jam 8 tu.. Gimana ya jadwalnya jadi berantakan dan saya jadi bingung. Ada advise ga ya? Tolong email ke fransiska_chandra_81@yahoo.com
Thx.

 
At 11:51 am, Anonymous Anonymous said...

hi mba retma..

salam kenal..
namaku nur, bayiku skrg 9 bulan dan doyan banget sama bubur saring yg ada daging atau ayamnya..
aku pernah dengar katanya kaldu daging atau ayam bisa dibuat skaligus untuk 1 atau 2 hari..
memangnya ngga apa2 ya mba?kayanya kok kurang sehat ya?hehe..
tapi kalo emang gpp, dan aman2 aja utk bayi, cara buatnya gmn sih mba?
makasih mba retma..

 
At 11:20 am, Anonymous Anonymous said...

hi salam kenal,
anakku usia 4 bulan, tapi belum bisa dikasih makanan yang padat bisa tlong diberikan jadwal pemberian asi khusus untuk 4 bulan mba?

 
At 9:32 am, Blogger Binbim said...

Nggak kemaleman nih makan malemnya??
babyku 6 bln bangun jam 4.30, tidur jam 7.30/09.00 sampai jam 10, trus tidur lagi jam 13.00, kadang bentar kadang lama. malemnya tidur jam 19.00-20.00.
So... bingung nih ngatur jadwal makan. kadang kl dah bubur nggak mau susu kaleng (kl ASi hayo aja!!) tlg dong buatin jadwal.
Sekedar referensi bangun tidur ASI, trus 1/2 jam kmdan bubur, trus mau tidur ASI lg, bangun tidur kadang jus buah kadang susu botol, siang pisang/biskuit, sore jam 16.00 makan bubur, mlm kadang susu botol kadang cuman ASI, DAh OK belum??

 
At 1:29 pm, Anonymous Anonymous said...

makasih banyak neh ...sangat membantu buat saya infonya skali lgi tq

 
At 3:57 pm, Anonymous Anonymous said...

salam kenal
sy mau nanya gimana gizi yang baik untuk bayi usia 6 bln.makanan apa yang bisa diberikan dan jadwal pemberian makanan.saya mau nanya juga buahnya yang sesuai usianya.

terimakasih...

 
At 10:37 am, Anonymous Anonymous said...

Terima kasih, mbak.. saya nyontek juga ya. Semoga banyak diberikan kebaikan oleh Allah SWT.

 
At 9:16 pm, Anonymous Anonymous said...

maaf mau tanya, kok umur 4 bulan udah dikasih makan ya? bukannya ASIX sampe 6 bulan?

 
At 3:15 pm, Anonymous Hamil said...

Terima kasih saya akan mencoba untuk memasak untuk bayi

 
At 12:16 pm, Blogger Unknown said...

wah info ini sangat banyak membantu saya untuk lebih ngerti lagi dalam hal makanan yang diperlukan oleh bayi

 
At 9:24 am, Blogger Reeta Syukree said...

aloo...postingnya thn 2005..saya bacanya th 2009 :D tp gpp, saya jadi dapat masukan yang emang lg saya butuhin,,,bole saya link postingannya kan ? makasi sebelumnya

 
At 10:58 am, Anonymous Anonymous said...

alo...saya mau tanya tentang memberi makan bayi....apa boleh memberi makan bayi pada umur 4 bulan,krn yang saya tau dari beberapa buku bayi baru boleh diberi makan selain asi setelah ber umur 6 bulan

 
At 1:28 pm, Blogger Cerita Nobita Ceria said...

wah thanks ya mbak, aku jadi tau jadwal makan buat ravi nanti kalo dia sudah mulai diperkenalkan MPASI. Dia sekarang baru 2 bulan tapi karna agak susah makan jadi aku tiru cara ibuku masukin biskuit bayi 1/4 bagian ke dalam botol susunya, aku kasi 2 kali shari n hasilnya menyenangkann. Ravi tambah senang minum susu dan tambah terus berat badannya

 
At 12:43 pm, Blogger mila said...

alo..... mba anak ku umur 20 bln, berat nya 15 kilo tapi lebih banyak minum susu dari pada makan, boleh nga yah mba?
trs minta jadwal jam makan nya dong.

 
At 1:54 pm, Blogger Ade Oktarini said...

Kabar baik buat para bunda!!!
Kami jual bantal terapi MoM Bantal
Bermanfaat untuk bayi 0-9 bulan dalam:
1. Menumbuhkan rambut bayi secara sehat dan menghindari kebotakan
2. Membentuk kepala bayi menjadi bulat sempurna secara alami

(khususnya untuk kepala bayi yang biasa pake bantal peyang, pertumbuhan rambut di areal peyangnya pasti ga merata, atau yang kepala bayinya seperti berkonde karena bekas peyang bantal yang digunakan)
mampir ya ke www.kedaimungil.com

 
At 2:40 pm, Anonymous Anonymous said...

Ikutan nimbrung dong...
Namaku Janti, anaku bernama Khalil usianya 7 bulan, sudah mulai makan bubur susu. Aku nemu resep Puree kentang + zucchini. Ada yang tahu nggak sih bentuk dari buah Zucchini, dan bisa didapat di mana ya ...

 
At 6:35 pm, Blogger Cerita Nobita Ceria said...

@ mbk janti: zucchini adalah timun jepang n bisa didapat di supermarket2 biasanya dibuat campuran salad, contoh ranch market or HERO.

@ kedai mungil: aku dah beli bantalnya n lagi dipakein ke Ravi br 2 minggu. Biasanya mulai efektif dalam brp bulan sih rambut di kpalanya tmbh smua rata? Skrg si dia dah digundulin buat kedua kali n munculnya rambut masih diatas kepala n yg deket leher masih blm numbuh

@ ibu2 yg lain: aku mau perkenalan buah; lebih baik apel diblender diambil sarinya, pisang dikerok ato jeruk baby?

 
At 8:37 pm, Blogger Ade Oktarini said...

@nurul: tidak ada acuan pastinya mba. Untuk rambut kepala bagian atas karena tidak secara langsung terkena dampak pijatan dari isi bantal, memang lebih lama daripada yang rambut belakang. Yang ditekankan manfaat bantal untuk membentuk kepala agar lebih bulat sempurna dan tidak peyang serta menumbuhkan rambut di area yang bekas pake bantal peyang (bagian belakang). Untuk numbuhin rambut, aku dapet share dari kawan, katanya bisa di bantu juga dengan pake sampo switsal yang seledri yang tutupnya ijo. Kira-kira dalam sebulan rambutnya bisa tumbuh rata. Aku juga baru mo nyoba tipsnya niy karena rambut bagian atas kepala bayiku masih belum numbuh lagi, yang belakang sudah mulai merata berkat pemakaian mombantal.

 
At 1:49 pm, Anonymous Anonymous said...

salam kenal, saya Mercy, bayi saya laki2 usia 4 bulan, namanya Given. saya bertrima kasih untk info2 yg diberikan khususnya menyangkut jadwal makanan bayi. karena dengan bertambah usia dan berat badan Given, nafsu makannya juga bertambah, sehingga saya harus mengatur waktu dan makanan tambahan yg harus diberikan sehingga sesuai jadwalnya. dengan jadwal yg diberikan oleh blog ini sangat membantu saya dalam membuat jadwal makannya.

 
At 3:41 pm, Anonymous Anonymous said...

Wah lengkap banget, this is what i need..
Thank you mom Retma, artikel yang sangat bermanfaat.

Bunda Darin

 
At 12:33 pm, Blogger dokterKey said...

mksh buu..sy mskin link ya...

 
At 9:17 pm, Anonymous mitha said...

lagi bingung..hans umur 10,5 bln jadwal makannya udah mirip seperti jadwal di atas tapi kalo malem bisa bangun minta susu sampai 4 kali (pemberian susu malam lebih banyak dari siang hari).apa hal seperti itu normal? (note:hans tidurnya jam 9 malam).bukankah seharusnya semakin tambah umur,frekuensi minum susu di waktu malem jadi berkurang?
apa ada ibu yg punya pengalaman seperti saya?kalo ada,bagi tips-nya dong...terimakasih

 
At 4:29 am, Blogger ynurnita said...

thanks mba untuk infonya iji copy ya mba...

 
At 1:24 pm, Blogger dewy ayuning pancawati said...

blognya bagus ya,pas bgt saya juga lagi cari info makanan untuk bayi mulai 6 bulan.ijin untuk dicopy y.......thanks bgt nih.

 
At 8:46 am, Anonymous furniture minimalis said...

bagus banget ni... jadual makan bayi. bisa untuk persiapan. bayiku baru berumur 3,5 bulan. sebentar lagi bisa diberi makan ni...

 
At 8:12 am, Anonymous usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

 
At 12:03 am, Anonymous Anonymous said...

juz wanna share : ASI adalah makan tunggal terbaik yg bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi normal untuk tumbuh kembang di bulan-bulan pertama kehidupannya, itu sebabnya pemberian MPASI ditetapkan oleh WHO (sesuai penelitian pastinya) setelah bayi mencapai usia 6 bln.Ini berarti, si kecil hanya mendapat ASI,
tanpa makanan tambahan lain selama masa itu. Penelitian menunjukkan, banyak manfaat
diperoleh bayi yang mendapat ASI. Tidak ada yang bisa menggantikan ASI yang memang
di'desain' khusus (oleh yang di ATAS) untuk bayi. Dan jangan lupa, proses pemberian ASI akan menumbuhkan
kelekatan emosi yang dalam dan kuat antara mama dan bayi.
Setelah usia 6 bln, ASI hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan gizi bayi. Jadi, bayi mulai
membutuhkan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Pemberian makanan padat pertama ini
harus memperhatikan kesiapan bayi, antara lain, keterampilan motorik, keterampilan mengecap
dan mengunyah, plus penerimaan terhadap rasa dan bau.
CMIIW ya MOMs...

 
At 1:31 pm, Anonymous tokosayanganak said...

Kalo menurut DSA anak saya, usia untuk diberi MPASI adalah 6 bulan. Ato 6 bulan kurang 1 minggu sudah boleh diberi MPASI. Makanan pertama yang dikenalkan adalah bubur susu. Yaitu bubur yang kadar kekentalannya hampir sama dengan susu.

 
At 9:41 pm, Anonymous software download full said...

thanks atas informasinya

 
At 1:13 pm, Anonymous BIKIN SEX TAMBAH NIKMAT said...

TERBUKTI! obat tradional yang telah terbukti mampu membuat vagina tambah peret, legit, berdenyut seperti perawan kembali,sembuhkan keputihan/pektay, bikin suami ketagihan diranjang, cegah perselingkuhan, membuat isteri makin dicintai suami.

 
At 3:20 pm, Anonymous vincentia said...

Thank u banget atas infonya.. Aku memang sedang cari2 info yg bagus seperti ini. Krn anak saya masih full asi eksklusive krn umurnya masih 5bln (bb: 8.9 kg pjg: 69cm) bulan depan baru direncanakan dikenalkan dengan MPASI.. Aku minta resep utk makanan bayi umur 6 bulanan dong.. Kl bisa yg ada yg bisa masih dicampur asi yah thanks bgt

 
At 3:26 pm, Anonymous vincentia said...

Thank u banget atas infonya.. Aku memang sedang cari2 info yg bagus seperti ini. Krn anak saya masih full asi eksklusive krn umurnya masih 5bln (bb: 8.9 kg pjg: 69cm) bulan depan baru direncanakan dikenalkan dengan MPASI.. Aku minta resep utk makanan bayi umur 6 bulanan dong.. Kl bisa yg ada yg bisa masih dicampur asi yah thanks bgt.. Mba minta kirimin aku resep makanan bubur utk bayi yah. Kirim ke vincentia_cathelyn@yahoo.com

 
At 10:59 am, Anonymous OBAT SALEP AMBEIEN said...

Bingung juga kalau nggak tahu jadwal menu makan untuk bayi/ anak.

 
At 9:41 am, Anonymous Lulu said...

Hi bunda

Mampir Yuk k fb babybearshoppe.com

ada baju impor utk buah hati tercinta, ada perlengkapan bayi juga... ^^

 
At 9:42 am, Anonymous Lulu said...

Hi bunda

Mampir Yuk k fb babybearshoppe.com

ada baju impor utk buah hati tercinta, ada perlengkapan bayi juga... ^^

 
At 1:32 am, Anonymous promina said...

memilih makanan bayi yang aman dan sehat untuk bayi anda bisa dibaca artikel ini makanan bayi

 
At 9:25 am, Anonymous Sarah said...

Memang jadi ibu jaman sekarang harus pintar mengurus bayi dan anak kesayangan. Ada nih nformasi lengkap mengenai
menu sehat untuk anak

 
At 12:54 am, Anonymous Mebel jepara said...

Cocok ni gan,untuk bakal nyonya saya.Hehehe...

 
At 4:23 pm, Blogger shela anjar rani said...

Mau tanya anak saya 4 bulan agak susah minum susu,dia sudah tidak asi eksklusif dari lahir bolehkah diberi makan??

 
At 4:01 pm, Blogger Walidin said...

Lengkap sekali

 
At 1:00 pm, Blogger Unknown said...

makasih untuk informasi lengkapnya, makanan bayi emang ga boleh sembarangan hehe.

 
At 4:41 pm, Blogger Raswo said...

wah makasih banget infonya moga aja bermanfaat nih buat istriku, o ya kak kalo butuh peralatan rumah atau perkakas tangan bisa di cari kak di Tokootomotif.com :)

 

Post a Comment

<< Home